Sunday, March 20, 2016

Penipuan Atas Nama XL Axiata

Hari ini tepat tanggal 20 Maret 2016 Pukul 14:30 saya terbangun dari tidur karena ada seorang pria  bernama Edi Gunawan menelpon saya dengan no Hp. 085931482*** , dia mengaku dari XL yang ada di Jakarta.
Awalnya dia bertanya-tanya tentang penipuan berhadiah, kurang lebih seperti ini.

"Maaf sebelumnya apakah bapak pernah mendapatkan sms berhadiah sebelumnya?"
"Kemudian apakah bapak pernah menerima telfon pengumuman hadiah?"

Saya jawab saja belum, padahal pernah. Saya sudah terbiasa dengan hal-hal yang seperti itu, namun saya selalu tertarik untuk berbicara dengan mereka.

Okay lanjut.
Kemudian dia bercerita bahwa XL Axiata sama sekali tidak akan melakukan pengundian hadia seperti itu.

Saya terus melayani dia berbicara.

Kami sedikit berbincang masalah pribadi, dia bertanya meyakini bahwa apakah nomor yang dia hubungi sekarang (Nomor saya) benar berdomisili di NTB?
Saya jawab jujur iya, tapi sekarang saya sedang di Jogja untuk kuliah.

Jadi selama kurang lebih 3 menit kami berbicara basa basi soal kuliah.

Kemudian tiba-tiba dia bilang tadi malam dalam rangka menyambut ulang tahun XL Axiata, maka Direktur Utama XL Axiata  melakukan undian dan dalam undian tersebut terdapat nomor saya yang mendapatkan urutan ke 3 dari 10 pemenang.
Dia bilang saya mendapat 1 buah Sepedah Motor Yamaha Vixion tanpa dipungut biaya sepersen pun dan juga tanpa pajak karena semua ditanggung oleh PT XL Axiata.

WAW !!

Lalu dia menanyakan apakah hadiah ingin saya terima langsung sehingga sore ini juga akan dikirimkan, atau hadiah ingin saya sumbangkan?

NAH.. Jika dia bertanya seperti itu, langsung tanyakan hal seperti ini:
"Maaf pak, kalau boleh tau apakah ada situs resmi pengumuman hadiah tersebut?"

Dia pasti menjawab "Maaf pak tugas kami hanya menginfokan saja, nanti lebih detailnya akan dijelaskan oleh crew kami yang mengantarkan  hadiah"

Saya sudah lebih dari 10x menerima telpon seperti ini dan jawaban seperti itu selalu terlontarkan. !!

Oke balik ke topic,
Setelah saya bertanya seperti itu, dia terusterusan bertanya apakah hadiah mau diterima atau disumbangkan?

Yasudah, saya langsung memulai permainannya. Saya bilang bakal nerima hadiahnya.

Kemudian dia langsung suruh saya menghubungi No Hp. 087803340*** atas nama Bpk. Drs. H. Indra Kusuma, dan dia menjelaskan tata cara ketika menghubungi beliau.

WKWKWK,

Saya sebelumnya pernah mendapat hadiah juga dari telkomsel dan three. Modus yang sama dengan ending disuruh menghubungin nama yang sama yaitu Bpk. Drs. H. Indra Kusuma.

WKWKWK. Pak Indra sebenernya kerja dimasa sih? Telkomsel, Three, atau XL pak? wkwk
Kalian bisa coba cari di google namanya "Bpk. Drs. H. Indra Kusuma"

Dan akhir dari pembicaraan itu adalah pak Edi gunawan bilang mohon untuk jangan beritahun teman-teman ataupun saudara sebelum hadiah tersebut ada ditangan karena takut nomor XL saya digandakan orang lain. Uang aja bisa digandakan apalagi nomor ini.

Eleh udah kya MLM dasyat dasyat aja pak yg habis ditawarin trs jangan ngasih tau yg lain dulu.

Gitu dia bilang, yasudah saya berterimakasih.

Kemudian saya langsung nulis blog ini. Selama saya menulis blog ini si pak Edi nelponin saya terus.


MARI KITA TELAAH SANG PENIPU.
1. Mengatasnamakan XL, tapi kok nelpon pakai nomor simpati?
2. Ngasih informasi, tapi kok gatau situs resminya.
3. Dia bilang XL sama sekali tidak melakukan pengundian hadiah. Eh tapi habis itu dia ngasih tau kalau saya dapet undian dari XL.


Cara mengetahui modus penipuan seperti itu:
1. Tenangkan emosi kalian ketika berbicara.
2. Ketika kita menerima tawarannya mengambil hadiah, nada bicara penipu akan berbeda. Cara bicaranya bakal jadi cepat, lebih keras  dan memaksa. Hal itu dilakukan untuk menekan emosi korban agar melakukan apa yang mereka suruh. Maka dari itu kalian harus bisa mengatur emosi ketika berbicara.
3. Jika kita menolak tawarannya atau menggagalkannya, dia akan marah-marah dan menekan kita, tujuannya sama seperti yg nomor 2, kita merasa tertekan bersalah dan menerimanya.
4. Ketika dia memberi sebuah nama, seperti Bpk. Drs. H. Indra Kusuma atau yg lainnya. langsung searching nama tersebut di goolge.
5. Jangan hubungi nomor yang mereka suruh. Ketika kalian tidak menghubungi, si penipu biasanya akan menelpon kalian lagi.
6. Lihat nomor yang digunakan, jika menggunakan nomor hp biasa maka sah itu penipu.

Hati-hati atas penipuan. Jika kalian terima hal seperti itu, tolak saja walaupun dengan iming iming tanpa pajak dan biaya sepersenpun. Rezeki sudah diatur.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts